Keterampilan Dasar Guru Dalam Pembelajaran

 

Nama Lengkap                                       : Nur Wahyuni

NIM/Angkatan/KELAS                        : H0418319/2018/Pendidikan Fisika 2018

Kode Tugas                                            : TI 01

TEMA Materi : Keterampilan Dasar Guru Dalam Pembelajaran

Prodi, Bulan dan Tahun Pembuatan   : Pendidikan Fisika, April 2020

 

SOAL

1.      Sebutkan secara lengkap kesembilan keterampilan dasar mengajar yang anda ketahui.

2.      Uraikan penjelasan masing-masing dari kesembilan keterampilan dasar mengajar tersebut secara mendalam.

3.      Kasus: terdapat seorang guru yang lulus S.I dari suatu prodi pendidikan belum menguasai ketrampilan dasar mengajar secara memadai.

3.1     Apa yang harus dilakukan oleh guru yang bersangkutan?

3.2     Apa yang harus dilakukan oleh lembaga /pimpinan sekolah tempat guru tersebut mengajar?

4.      Apakah setiap mengajar, kesembilan keterampilan dasar mengajar tersebut harus ditampilkan oleh guru? Jelaskan jawaban anda lengkap dengan argumentasi dan contoh-contoh kongkritnya.

5.      Apakah program S1 pada prodi pendidikan (pada setiap spesifikasi keilmuan) menjamin penguasaan kesembilan keterampilan dasar mengajar yang dimaksud? Artinya, setiap lulusan S.1 prodi pendidikan pasti menguasai kesembilan kompetensi dasar mengajar tersebut. Berikan jawaban anda disertai argumentasi.

6.      Fakta di Indonesia, masih banyak terdapat guru yang latar pendidikannya bidang keilmuan diluar pendidikan (non kependidikan). Bagaimana pendapat anda mengenai hal ini?

 

 

 

JAWABAN

1.      9 Keterampilan dasar mengajar guru:

a.       Keterampilan Membuka Pelajaran.

b.      Keterampilan Menjelaskan.

c.       Keterampilan Bertanya.

d.      Keterampilan Memberi Penguatan.

e.       Keterampilan Mengadakan Variasi.

f.       Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil.

g.      Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Mengajar Perseorangan.

h.      Keterampilan Mengelola Kelas.

i.        Keterampilan Menutup Pelajaran.

 

2.      Penjelasan 9 keterampilan mengajar guru:

a.       Keterampilan Membuka Pelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru untuk memulai pembelajaran.

b.      Keterampilan Menjelaskan merupakan sebuah bentuk trasfer ilmu dari guru ke siswa.

c.       Keterampilan Bertanya merupakan sebuah cara yang dapat meningkatkan partisipasi dan membangkitkan minat serta rasa ingin tahu peserta didik terhadap masalah yang sedang dibicarakan.

d.      Keterampilan Memberi Penguatan merupakan bentuk respon positif yang diberikan oleh seorang guru agar memotivasi peserta didiknya untuk mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi yang dimilikinya.

e.       Keterampilan Mengadakan Variasi merupakan dasar ketrampilam seorang guru dalam rangka merespon perbedaan gaya belajar siswa.

f.       Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil merupakan cara seorang guru untuk memfasilitasi sistem pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa secara berkelompok, misalnya memberikan penjelasan saat ada perwakilan dari anggota kelompok siswa yang bertanya seputar materinya yang kurang dipahami.

g.      Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan merupakan pengajaran yang diberikan agar peserta didik dapat berkembang dan mencapai prestai belajar secara optimal.

h.      Keterampilan Mengelola Kelas merupakan penataan sarana dan prasarana kelas yang dapat memenuhi dan mendukung terjadinya kelancaran dalam proses pembelajaran, misalnya penataan tempat duduk yang rapi dan bersih sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung.

i.        Keterampilan Menutup Pelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran dengan mengemukakan kembali pokok-pokok pelajaran yang bertujuan untuk memberikan gambaran menyaluruh tentang apa yang telah dipelajari oleh peserta didik, mengetahui keberhasilan peserta didik dalam menyerap pelajaran, dan menentukan titik pangkal untuk pelajaran berikutnya.

 

3.      Kasus: terdapat seorang guru yang lulus S.I dari suatu prodi pendidikan belum menguasai ketrampilan dasar mengajar secara memadai.

3.1.   Sebaiknya guru tersebut sering-sering untuk melakukan latihan untuk dapat menguasai keterampilan dasar mengajar secarai memadai dan tidak pernah menyerah untuk mempelajarinya.

3.2.   Sebaiknya lembaga/pimpinan sekolah tempat guru tersebut mengajar melakukan pembinaan kepada guru tersebut agar guru tersebut dapat menguasai keterampilan mengajar secara memadai.

 

4.      Iya, karena dari kesembilan keterampilan dasar mengajar tersebut semuanya memiliki perannya masing-masing, jika salah satunya tidak ditampilkan maka ada kemungkinan keberhasilan guru mengajar dalam kelas tidak akan optimal. Misalnya jika seorang guru fisika tidak memiliki keterampilan menjelaskan cara menggunakan sebuah alat ukur mikrometer, maka siswanya pasti akan sulit untuk memahami cara menggunakan alat ukur mikrometer tersebut, sehingga jika siswanya melakukan praktikum maka besar kemungkinan datanya akan memiliki masalah.

5.      Menurut saya TIDAK, karena di zaman sekarang banyak orang-orang yang memiliki gelar dan ijazah dari hasil membeli sebuah ijazah, hal ini memungkinkan orang-orang tersebut tidak akan dapat menguasai keterampilan dasar mengajar karena orang-orang tersebut tidak melalui proses yang seharusnya dilalui oleh lulusan-lulusan S.1 prodi pendidikan. Namun, jika seseorang mendapatkan gelar S.1 prodi pendidikan melalui proses yang seharusnya, maka akan menjamin penguasaan keterampilan pendidikan, hal ini dikarenakan jika seorang mahasiswa prodi pendidikan tidak dapat menguasai hal tersebut maka akan terkendala dalam menyelesaikan kegiatan-kegiatan lapangan seperti PPL dan KKN yang membutuhkan keterampilan dasar dalam mengajar.

 

6.      Menurut saya hal ini sebaiknya perlu ditindaklanjuti oleh kementrian pendidikan, agar guru yang latar belakang pendidikannya bidang keilmuan diluar pendidikan tersebut sebaiknya melakukan sebuah studi untuk mendapatkan sertifikat kependidikan.

Komentar