SKENARIO PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING (FLUIDA STATIS)

 

SKENARIO PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING (FLUIDA STATIS)

NAMA                                     : NUR WAHYUNI

POKOK BAHASAN              : FLUIDA STATIS

SUB POKOK BAHASAN     : HUKUM PASCAL

MODEL PEMBELAJARAN  : INQUIRY LEARNING

Kegiatan

Fase

Kegiatan

Waktu (menit)

Pendahuluan

Salam

Guru masuk ke kelas dan mengucapkan salam lalu mengarahkan murid-muridnya membaca do´a untuk memulali pembelajaran.

5 Menit

I

Orientasi Pada Masalah

Siswa telah duduk sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan pada pertemuan sebelumnya, lalu Guru memberikan materi tentang Hukum Pascal, diantaranya materi dan bunyi hukum pascal, dan contoh penerapan hukum pascal.

30 Menit

II

Merumuskan Masalah

Guru meminta setiap kelompok merumuskan masalah dari materi Hukum pascal yang telah diberikan.

10 Menit

Kegiatan Inti

III

Mengajukan Hipotesis

Guru meminta siswa memberikan hipotesis sementara mengenai Hukum Pascal

5 Menit

IV

Mengumpulkan Data

·      Guru meminta siswa melakukan eksperimen dengan tujuan eksperimen sebagai berikut:

1.      Pengaruh tekanan pada zat cair dalam sebuah wadah.

·      Alat dan bahan:

1.      Wadah plastik/plastik es

2.      Paku/gunting

3.      Air

·      Langkah-langkah dalam pengambilan data:

1.      Melubangi plastik es dengan paku sebanyak 5 lubang yang tinggi lubang dari permukaannya berbeda-beda.

2.      Mengisi plastik yang telah dilubangi dengan air.

3.      Mengamati kejadian pada setiap lubang, lalu mencatat hasilnya pada tabel percobaan.

15 Menit

V

Menguji Hipotesis

Siswa membandingkan hasil eksperimen dengan hipotesis sementara yang telah dibuat.

10 Menit

Penutup

VI

Merumuskan Kesimpulan

Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk memberikan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan.

10 Menit

Salam

Guru bersiap untuk meninggalkan kelas lalu mengucapkan salam dan seluruh siswa menjawab salam.

5 Menit

 

Komentar