SKENARIO PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING (FLUIDA STATIS)
SKENARIO PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING (FLUIDA STATIS)
NAMA : NUR WAHYUNI
POKOK BAHASAN : FLUIDA STATIS
SUB POKOK BAHASAN : HUKUM PASCAL
MODEL PEMBELAJARAN : INQUIRY LEARNING
|
Kegiatan |
Fase |
Kegiatan |
Waktu (menit) |
|
Pendahuluan |
Salam |
Guru masuk ke kelas dan mengucapkan salam lalu mengarahkan murid-muridnya membaca do´a untuk memulali pembelajaran. |
5 Menit |
|
I Orientasi Pada Masalah |
Siswa telah duduk sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan pada pertemuan sebelumnya, lalu Guru memberikan materi tentang Hukum Pascal, diantaranya materi dan bunyi hukum pascal, dan contoh penerapan hukum pascal. |
30 Menit |
|
|
II Merumuskan Masalah |
Guru meminta setiap kelompok merumuskan masalah dari materi Hukum pascal yang telah diberikan. |
10 Menit |
|
|
Kegiatan Inti |
III Mengajukan Hipotesis |
Guru meminta siswa memberikan hipotesis sementara mengenai Hukum Pascal |
5 Menit |
|
IV Mengumpulkan Data |
· Guru meminta siswa melakukan eksperimen dengan tujuan eksperimen sebagai berikut: 1. Pengaruh tekanan pada zat cair dalam sebuah wadah. · Alat dan bahan: 1. Wadah plastik/plastik es 2. Paku/gunting 3. Air · Langkah-langkah dalam pengambilan data: 1. Melubangi plastik es dengan paku sebanyak 5 lubang yang tinggi lubang dari permukaannya berbeda-beda. 2. Mengisi plastik yang telah dilubangi dengan air. 3. Mengamati kejadian pada setiap lubang, lalu mencatat hasilnya pada tabel percobaan. |
15 Menit |
|
|
V Menguji Hipotesis |
Siswa membandingkan hasil eksperimen dengan hipotesis sementara yang telah dibuat. |
10 Menit |
|
|
Penutup |
VI Merumuskan Kesimpulan |
Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk memberikan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan. |
10 Menit |
|
Salam |
Guru bersiap untuk meninggalkan kelas lalu mengucapkan salam dan seluruh siswa menjawab salam. |
5 Menit |
Komentar
Posting Komentar